Lomba Satkamling Warnai Peringatan Hari Bhayangkara ke 78 di Polres Sekadau

SEKADAU, Polda Kalbar – Polres Sekadau melalui Sat Binmas melaksanakan penilaian lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Lomba ini diikuti oleh tujuh kecamatan di Kabupaten Sekadau, dengan setiap kecamatan diwakili oleh satu pos Satkamling.

Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, melalui Kasat Binmas AKP Masdar, menyampaikan bahwa lomba ini berlangsung dari tanggal 4 hingga 15 Juni 2024. Pemenang akan diumumkan pada puncak peringatan Hari Bhayangkara pada 1 Juli 2024 di Polres Sekadau.

“Ada lima aspek penilaian dalam lomba ini, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana (Sarpras), Operasional, Dukungan Masyarakat, dan Pembinaan. Kelima aspek tersebut merupakan indikator penting dalam menilai efektivitas dan kesiapan Satkamling,” Kata AKP Masdar, Kamis (13/6/2024).

Selain itu, AKP Masdar menambahkan bahwa berdasarkan Perpol Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, Satkamling berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Satkamling adalah satuan masyarakat pengemban fungsi kepolisian yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan untuk mengamankan lingkungannya,” jelasnya.

“Satkamling merupakan ujung tombak dalam menciptakan keamanan di masyarakat. Oleh karena itu, tidak hanya karena lomba, tetapi diharapkan Satkamling akan lebih optimal dalam menjalankan tugasnya sehari-hari,” imbuhnya.

Melalui lomba Satkamling ini, Polres Sekadau berharap dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing.

“Selain itu, lomba Satkamling ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan kemitraan antara kepolisian dengan masyarakat, sehingga tercipta situasi yang kondusif. Ini selaras dengan program Sekadau Aman Sejahtera di Polres Sekadau,” pungkasnya.

Tinggalkan komentar